Game Berbayar masih Sepi Peminat

Salah satu permasalahan yang dihadapi para pengembang game di Indonesia ialah minimnya jumlah karya mereka yang berstatus berbayar dibeli oleh konsumen.

Bahkan, menurut Chief Executive Officer PT Kreon Mobile (Kreon) Jinseop So disebutkan para pemain game berusia muda di Tanah Air pun hanya sedikit yang memiliki kartu kredit dan bahkan penetrasinya hanya 2%.

Seperti diketahui, beberapa game yang di App Store dan Play Store memang tidak bisa diunduh secara gratis. Game-game tersebut harus dibeli dengan menggunakan kartu kredit.

"Makanya kami (Kreon) sebagai publisher game membuat voucher yang disebar ke warnet dan nantinya akan ada di convinience store. Bisa juga game dibeli melalui dengan transfer uang dan nanti akan bisa juga dipotong dari pulsa," kata So di Jakarta baru-baru ini.

So mengatakan pemotongan pulsa masih lebih mungkin dilakukan ketimbang memasukkan pembelian ke tagihan telepon. Hal tersebut disebabkan mayoritas pengguna ponsel di Indonesia memakai sistem prabayar.

"Kalau di negara lain, seperti Korea Selatan, pembayaran game bisa dilakukan bersamaan dengan pelunasan tagihan telepon karena di sana sistemnya pascabayar," tambah So lagi.

So bersama pihaknya sendiri pada tengah pekan ini memperkenalkan portal game baru yang diperuntukkan bagi para pengguna ponsel pintar berbasis Android bernama Gemstore.

Peluncurannya akan dilakukan pada November besok, namun masih dalam versi Beta dan akan secara resmi dihadirkan versi sempurnanya pada kuartal pertama 2014.

Di Gemstore, seperti yang dijelaskan So, para pengguna bisa mengunduh game secara gratis dan juga membelinya dengan cara yang sudah disebutkan oleh So.


TAGS: Technology, Game

Bagikan ke

300x250

0 Response

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© 2013 Mael For You - All Rights Reserved
Back to Top