10 Fitur Tersembunyi di Mesin Pencari Google

Mesin pencari Google saat ini digunakan oleh ratusan juta bahkan miliaran orang di dunia. Tapi, apakah Anda sudah menggunakan fitur-fitur di dalam Google secara optimal?

Mesin pencari Google tidak hanya membantu Anda mencari informasi tentang sesuatu dengan kata (search query). Melansir Telegraph, 7 Oktober 2013, setidaknya ada 10 fitur tersembunyi yang ada di mesin pencari Google. Apa saja?

1. Kalkulator

Banyak orang yang tidak menyadari Google sebenarnya bisa menghitung bak kalkulator. Kalkulator yang dimiliki oleh Google pun sejatinya cukup lengkap, baik untuk hitungan dasar sampai hitungan logaritma, seperti hitungan konstanta dan kode Cos serta Sin.

2. Pencarian Situs

Yang satu ini juga jenius. Hanya dengan mengetik kata kunci di sebuah situs tertentu, maka Google akan mencari dan mengumpulkannya untuk Anda. Misalnya, Anda mencari berita-berita Manchester United di situs Telegraph. Anda cukup menulis "site:telegraph.co.uk manchester united". Maka Anda akan mendapatkan berita-berita tentang Manchester United di situs Telegraph.

3. Konversi

Anda dapat mengkonversi suatu mata uang ke mata uang lain dalam waktu singkat. Tidak hanya mata uang, Anda juga mengkonversi ukuran berat, suhu, jarak, dan lainnya. Contohnya, "300 us dollars in rupiah" atau "1500 inches in cm" di kolom pencarian Google.

4. Zona Waktu

Bagi yang sering bepergian ke luar negeri atau memiliki sanak keluarga yang tinggal di luar negeri, maka Anda cukup mengetahui waktu Anda di Indonesia dan waktu teman atau keluarga di luar negeri. Fitur itu berguna untuk mengetahu zona waktu di negara lain. Tinggal ketik "time in Los Angeles" jika ingin mengetahui pukul berapa sekarang ini di Los Angeles, AS.

5. Penerjemah Bahasa

Mungkin fitur yang satu ini sudah umum. Google menyediakan cara mudah untuk menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa lain hanya dengan mengetikkan kata atau kalimat.

Misalnya, Anda ingin mengartikan buah apel ke bahasa Spanyol, maka cukup ketik "translate apple to spanish" maka akan keluar buah apel dalam bahasa Spanyol, yaitu manzana.

6. Mencari jenis file

Google juga menyediakan pencarian file-file dalam berbagai jenis di seluruh jagat maya, misalnya PDF atau Word. Anda hanya tinggal mengetik topik pencarian dan tipe filenya. Contoh: ketik "climate change filetype:pdf"

7. Mengecek status penerbangan
Yang satu ini penting bagi Anda yang ingin menjemput seseorang di bandara. Untuk mengetahui jadwal penerbangan pesawat, Anda tidak perlu susah-susah mencarinya di situs suatu perusahaan penerbangan. Google sudah membuat fitur yang memungkinkan Anda mengecek suatu penerbangan dengan sederhana.

Anda hanya tinggal mengetik nomor penerbangan, maka Anda akan mendapatkan secara rinci status penerbangan itu. Misalnya, Anda mengetik "BA 335", maka akan muncul data pesawat British Airways dengan nomor 335 yang berangkat dari Paris pukul 15:45 dan tiba di Bandara Heathrow London Terminal 5 pada pukul 15:48.

8. Pencarian jadwal film lokal

Untuk mengetahui jadwal pemutaran film di bioskop, Anda hanya cukup mengetik judul film dan kode pos kota Anda. Sayang, pencarian ini masih sebatas di negara-negara besar. Anda dapat mengetahui jadwal film berdasarkan kode pos kota.

9. Perkiraan cuaca

Google juga menyediakan informasi cuaca untuk semua negara secara akurat. Anda tinggal mengetikkan nama kota diikuti dengan perkiraan cuaca.

Lalu, Google akan menyuguhkan informasi cuaca mulai dari tingkat curah hujan, kelembaban, tingat angin, serta perkiraan cuaca sampai minggu depan. Data yang dipakai Google didapat dari The Weather Channel. Contoh: "Barcelona forecast"

10. Data publik

Mesin pencari Google juga menyediakan data publik setiap negara, mulai dari populasi suatu negara hingga tingkat pengangguran.

Anda hanya tinggal mengetikkan tingkat pengangguran diikuti dengan wilayahnya. Google akan menyediakan jawaban tingkat pengangguran suatu kota dengan grafik dalam 10 tahun terakhir. Contoh: "unemployment rate uk" maka akan terpampang tingkat pengangguran di United Kingdom. Namun, ini pun baru sebatas berlaku di negara-negara maju.

Bagikan ke

300x250

0 Response

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© 2013 Mael For You - All Rights Reserved
Back to Top